Kacamata Kuda untuk Kambing Hitam

Kacamata kuda adalah kacamata pada kuda yang digunakan untuk “memaksa” sang kuda fokus terhadap 1 hal, jalan yang akan dilaluinya. Oleh karena itu, kacamata kuda sering dijadikan kiasan bagi orang yang berpandangan sempit.

Kambing hitam tak lain adalah kiasan juga. Kiasan yang berarti seseorang, sekelompok orang, atau sesuatu yang disalahkan sebagai justifikasi bagi orang yang tidak mau disalahkan.

Jadi, apa itu kacamata kuda untuk kambing hitam?

Kegagalan adalah peristiwa yang tidak terbantahkan umumnya melahirkan pengkambinghitaman. Namun, bagi mereka yang merasa bahwa proses ini adalah justifikasi murni dari tindakan mereka yang bersih, pengkambinghitaman adalah proses yang sepatutnya dan pantas didapatkan para kambing hitam.

Yang menjadi pertanyaan adalah; apakah mereka yang bersih dan melakukan justifikasi (pengkambinghitaman) adalah mereka yang melihat sebuah permasalahan dari semua sudut pandang? Sometimes, an overwhelming matter is just a matter of perspective. Sebuah masalah sering tak lain adalah masalah perbedaan sudut pandang.

Dan, siapa yang dapat menjamin bahwa satu sudut pandang dapat menjustifikasi pengkambinghitaman? Anda dapat menjaminnya?

Advertisements
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: