Indonesia, Negara Paling Demokratis

Amerika Serikat adalah sebuah negara yang sangat terkenal sebagai negara demokratis dan mendukung proses demokratisasi itu sendiri. Bahkan, banyak penelitian menyatakan bahwa Amerika adalah negara paling demokratis di dunia.

Satu hal yang ingin saya tekankan disini, bahwa, adalah sebuah rekayasa bila Amerika disebut sebagai negara paling demokratis di dunia. Indonesia adalah negara paling demokratis di dunia, dan inilah buktinya.

Demokratis berarti memiliki sifat-sifat demokrasi. Indonesia, tidak terbantahkan memiliki kualitas tersebut.

Semua keputusan di Indonesia bukan hanya berdasarkan pemungutan suara. Semua pengambilan keputusan dilaksanakan secara musyawarah mufakat. Apabila ada hal-hal yang dianggap mencederai rasa keadilan, voting dan pengadilan dapat dikesampingkan atau diatur agar memenuhi parameter tetapan mereka yang menganggap diri mereka betul.

Contoh nyata saja. Tentu tidak adil apabila para koruptor yang merasa bersalah tidak diberikan pengampunan. Oleh karena itu, dengan citra yang baik, para koruptor diberikan grasi dan remisi.

Lain lagi dengan kasus kebebasan beragama di Indonesia. Sebuah kebebasan parsial yang sangat mengagumkan. Hanya terletak beberapa jam dari ibukota negara, keputusan MA dianulir walikota agar masyarakat setempat tidak terganggu oleh keberadaan sebuah gereja.

Kita harus bisa melihat sebuah permasalahan dari berbagai sudut pandang. Dan, bukankah sudut pandang “Indonesia adalah negara paling demokratis di dunia” adalah sudut padang  yang tak lain “positif” dan “menghibur”?

 

 

Advertisements
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: